12 Cara Merawat Lampu Proyektor

12 Tips Cara Merawat Lampu Proyektor

Lampu proyektor merupakan bagian terpenting dari proyektor. Banyak faktor-faktor yang menyebabkan umur lampu proyektor menjadi pendek, salah satunya karena panas berlebihan ketika pemakaian.

Harga mengganti lampu proyektor yang rusak cukup mahal, hampir setengah harga dari harga beli proyektor tersebut. Oleh karena itu, lampu proyektor sangat perlu diperhatikan dan dirawat. Berikut 12 Cara Merawat Lampu Proyektor Anda.

1. Ganti atau bersihkan filter proyektor Anda secara berkala

Filter mencegah debu masuk ke daerah-daerah sensitive pada proyektor Anda. Filter yang tersumbat dengan debu akan membuat temperature proyektor menjadi cepat panas dan menyebabkan lampu proyektor terbakar. Jadi, sangat penting untuk membersihkan proyektor Anda dari debu menggunakan vacuum.

2. Jangan menyalakan atau mematikan proyektor Anda dengan cepat

Proyektor membutuhkan waktu beberapa menit untuk beroperasi dengan stabil. Jika proyektor dinyalakan dan dimatikan secara cepat akan membuat proyektor menjadi tidak stabil dan menyebabkan lampu proyektor menjadi terbakar.

3. Biarkan proyektor untuk “dingin” terlebih dahulu sebelum dicabut atau dipindahkan

Ketika proyektor dimatikan, kipas proyektor masih akan berputar, sebelum berhenti untuk mendinginkan lampu. Jangan mencabut atau memindahkan proyektor ketika lampunya masih panas, karena akan menyebabkan lampu proyektor menjadi rusak.

4. Jalankan proyektor Anda dalam Economy Mode

Kebanyakan proyektor sekarang telah menyediakan pilihan economy mode untuk menghemat umur lampu proyektor. Gunakan pilihan ini untuk memperpanjang umur lampu proyektor Anda.

5. Jangan menggerak-gerakan lampu proyektor ketika masih panas

Lampu proyektor yang masih panas sangat rapuh. Guncangan dan gerakan dapat menyebabkan kawat lampu proyektor menjadi putus. Tunggu sampai lampu benar-benar dingin sebelum memindahkannya.

6. Jangan menaruh barang apapun diatas ventilasi

Kertas atau barang apapun tidak boleh ditaruh diatas proyektor atau ventilasi karena dapat menghalangi udara yang masuk dan membuat temperature proyektor menjadi semakin panas.

7. Tangani lampu proyektor dengan hati-hati

Ketika mengganti lampu atau membersihkan lampu proyektor, gunakan sarung tangan karena minyak dan endapan pada tangan dan jari Anda dapat menyebabkan panas yang dapat membuat lampu menjadi rusak.

8. Segera tes lampu proyektor setelah pembelian

Jalankan proyektor selama 20 jam setelah Anda membelinya. Jika lampu proyektor akan rusak, maka akan segera terlihat pada 10 jam pertama.

9. Taruh tempat lampu proyektor dengan benar

Ketika instalasi, pastikan tempat lampu proyektor berada di tempat yang benar. Tekan dengan hati-hati dasar tempat lampu proyektor untuk mengamankan penempatan lampu proyektor.

10. Gunakan lampu lama sebagai cadangan

Jangan buang lampu proyektor lama Anda. Anda dapat menggunakannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

11. Proyektor terbalik vs. Proyektor tidak terbalik

Proyektor yang dipasang dengan terbalik sering kali memiliki umur lampu yang lebih pendek dibandingkan dengan proyektor yang dipasang dengan normal.

12. Letakkan ventilasi udara dengan benar

Pastikan ventilasi udara proyektor berjarak 2 kaki dari tembok maupun objek lain. Untuk proyektor yang dipasang di langit-langit, Anda perlu memastikan proyektor tidak dipasang terlalu dekat sehingga terdapat ruang untuk aliran udara.

Demikian merupakan 12 cara untuk memperpanjang umur lampu proyektor Anda. Sangat penting untuk memperhatikan hal-hal tersebut sehingga Anda dapat menggunakan lampu proyektor Anda untuk waktu yang panjang dan menghemat biaya operasional dan pemeliharaan yang Anda keluarkan.

12 Cara Merawat Lampu Proyektor
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *