Mengenal Lebih Dalam Tentang Sensor Pada Kamera DLSR

Kamera DSLR menjadi teman sehari-hari bagi pecinta fotografi, objek yang ditanggap akan lebih bagus menggunakan jenis kamera ini. Dengan berbagai tipe yang sesuai dengan spesifikasi dan kemampuannya, membuat para pemula fotografi akan lebih sulit memiliki kamera mana yang pas digunakan. Sensor merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah kamera Digital SLR ini, bagi pemula yang ingin mengenal lebih dalam tentang sensor pada kamera DLSR, bisa ikuti ulasan singkat ini.

Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) menggunakan sensor peka cahaya yang berjenis CCD atau CMOS, jenis ini berbeda dengan kamera SLR. Dengan menggunakan jenis ini, DSLR layaknya kamera digital yang memiliki rangkaian elektronik serta terdapat layar LCD yang dipergunakan untuk melihat tampilan gambar yang ditangkap.

Ukuran sensor menjadi keunggulan tersendiri pada kamera Digital SLR ini, karena sensor yang dimiliki jauh lebih besar dibandingkan dengan kamera digital biasa. Kamera DLSR dibuat dengan ukuran sensornya lebih besar yang dibuat menyamai film analog 35mm yang dikenal dengan nama full frame dan memiliki ukuran 36 x 24 mm.

Untuk ukuran sensor pada sebuah kamera, semakin besar sensor tersebut maka setiap piksel memiliki ukuran yang lebih besar juga. Sehingga sebuah kamera memiliki kemampuan menangkap cahaya yang lebih baik dibandingkan dengan kamera ukuran sensor lebih rendah. Yang belum mengetahui macam-macam ukuran sensor pada kamera DSLR, berikut daftarnya:
Jenis Ukuran Crop Factor

Jenis Ukuran Crop Factor
Full frame 35mm (36 x 24mm) tanpa crop factor
APS-H (28.7  x 19mm) crop factor 1,3x
APS-C (23.6 x 15.7mm) crop factor 1,5x
APS-C (22.2 x14.8mm) crop factor 1,6
Four Thirds (17.3 x 13mm) crop factor 2x

Dari daftar diatas, Full frame 35mm memiliki ukuran sensor paling besar dan tanpa adanya crop factor. Ukuran sensor yang besar ini memberikan kamera DLSR memiliki kemampuan ISO tinggi yang baik dan untuk noise nya pun masih terjaga dengan baik. Jika kamera DSLR ini memiliki ukuran sensor yang besar maka biaya produksi kamera pun akan jadi lebih besar seperti pada kamera DSLR jenis full frame 35mm.

Tabel diatas juga menampilkan beberapa ukuran crop factor, semakin kecil ukuran sensor semakin tinggi crop factor nya, sehingga semakin besar pembesaran gambanya. Crop-sensor merupakan istilah untuk ukuran sensor yang lebih kecil. Dan biasanya membuat gambar yang dihasilkan tidak memiliki bidang gambar dengan fokal lensa yang tersedia.

Jika crop factor memiliki ukuran 1,3x maka panjang focal yang dihasilkan 65mm. Sedangkan untuk crop factor 1,5x maka panjang focal nya 75mm. Crop factor 1,6x memiliki panjang focal 80mm dan untuk crop factor 2x memiliki panjang focal 100mm.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Sensor Pada Kamera DLSR
4 (80%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *