Tips Simpel Cara Pemakaian Dan Perawatan LCD Proyektor

Suatu perangkat untuk menghasilkan kinerja yang baik, harus diperhatikan dalam pemakaiannya serta perawatannya. Untuk LCD proyektor pun juga harus gunakan dengan sebaik-bainya, dengan memperhatikan pemakaian dan perawatannya. Karena untuk menjaga kinerja dalam keadaan baik, dan mampu memproyeksikan gambar secara optimal.

PEMAKAIAN
Pemakaian LCD proyektor yang baik dan sesuai dengan petunjuk, akan membuat proyektor tersebut awet dan tahan lama dengan kinerja yang optimal. Untuk pengguna baru, sebaiknya sebelum menggunakan baca petunjuk proyektornya pada buku manual yang sudah disediakan. Buku petunjuk ini yang akan membantu Anda dalam mengoperasikan LCD proyektor dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakannya.

Jika terjadi masalah atau kerusakan kecil saat digunakan, jangan menganalisa dan menyimpulkan sendiri apalagi memperbaiki atau men-service sendiri tanpa mengetahui ilmunya. Kalau pun pergi ke tukang service, sebaiknya jangan ke tempat service center yang tidak resmi. Saat proyektor tidak digunakan, tutuplah lensa menggunakan penutup dan jangan dibiarkan dalam keadaan terbuka.

Untuk menghindari kerusakan yang lebih berat, sebaiknya menggunakan stabilizer listrik yang berkualitas karena sering terjadi naik atau turunnya voltase listrik. Disarankan menggunakan UPS, karena sudah dilengkapi dengan stabilizer.

Untuk pengguna, jika saat selesai menggunakan LCD proyektor, jangan langsung mencabut kabel power dan sebaiknya menunggu untuk pendinginan lampu kurang lebih selama 45 menit. Dengan begitu, akan membatu lampu untuk tahan lebih lama dan terhindar dari kerusakan.

Jika proyektor masih terhubung dengan listrik, jangan melepas lampu proyektornya dan komponen-komponen lainnya. Serta untuk lampunya juga, jangan gunakan jika sudah melewati batas umur pemakaian, karena jika dilakukan maka akan mengakibatkan ledakan lampu dan kerusakan pada komponen lainnya, dan ini sangat fatal.

Yang terakhir, untuk menghindari kerusakan jangan membuka bodi proyektor, karena ada beberapa komponen yang tidak boleh di service selain oleh pihak service Center LCD Proyektornya.

PERAWATAN
Pada perawatan LCD proyektor juga perlu diperhatikan, agar proyektor bisa terus berfungsi dengan baik, maka diperlukan perawatan yang rutin dan terjadwal. Hal yang pertama bersihkan lensa, bersihkan debu yang ada pada lensa dengan menggunakan vacuum cleaner, dan untuk hasil maksimal gunakan lens cleaning paper.

Bukan hanya membersihkan lensanya, tetapi juga membersihkan komponen-komponen lainnya. Dan jangan lupa bersihkan dengan hati-hati, jangan sampai merupakan bagian komponennya. Serta bersihkan bodi proyektor dengan menggunakan kain yang lembut dan bersih. Jika terdapat debu yang membandel, untuk membersihkannya gunakan cairan pembersih khusus.

Simpanlah LCD proyektor pada tempat yang kering dan tidak berlembab, dan sebaiknya juga gunakan tas proyektor saat penyimpanan. Hal yang paling penting, yaitu selalu perhatikan informasi lampu untuk mempersiapkan penggantian lampu LCD proeyktor saat sudah habis umur pemakaiannya.

Tips Simpel Cara Pemakaian Dan Perawatan LCD Proyektor
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *